Back to News

Berkendara Aman saat Melewati Genangan di Musim Hujan

News2020-11-17 12:00:00
Share

Saat ini berbagai wilayah di Indonesia sudah memasuki hujan, akibat hujan membuat beberapa wilayah tergenang air (banjir). Berkendara saat musim hujan memerlukan kewaspadaan ekstra, apalagi saat jalan yang dilalui terhalang genangan air. Hal ini terkadang memaksa kita untuk melewatinya, padahal ada resiko membuat mobil rusak karena melintas. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kerusakan.

1. Perhatikan Tinggi Genangan Air

Jika genangan air sangat tinggi dengan estimasi ukuran melewati sengah ban, Jangan Anda memaksa lewati genangan air tersebut karena kemungkinan air akan merusak kendaraan anda terutama di bagian mesin, kelistrikan, dan komponen system lainnya.

2. Pilih Jalur Paling Tepat

Pilih jalur yang ingin dilewati dengan memilih genangan air yang paling rendah serta bebas dari hambatan seperti polisi tidur, jalan rusak, atau lainnya. Ini bisa dilihat dari pergerakan mobil lain di lokasi banjir.

3. Jaga Jarak Aman

Kecepatan konstan sangat penting untuk memastikan tidak ada air masuk ke dalam ruang mesin. Oleh sebab itu, jaga jarak aman dengan mobil di depan! Jalankan mobil setelah cukup yakin mobil di depan tak akan menghalangi laju sebagai langkah antisipasi bila mobil di depan mogok dan masih bisa melakukan manuver menghindar.

4. Jaga Putaran Mesin

Jangan menerjang banjir dengan putaran mesin tinggi dengan alasan supaya mesin tak mudah mati atau untuk melawan air yang masuk lewat knalpot. Cukup jalankan mobil dengan putaran rendah di kisaran 1.500-2.000 rpm dan jaga putaran mesin agar tetap konstan dan mobil tidak melaju terlalu cepat agar tidak sulit dikendalikan.

5. Keringkan Rem dan Kopling

Setelah melewati banjir, piringan rem akan basah dan daya pengereman berkurang drastis. Hindari langsung menambah kecepatan usai melewati genangan air. Keringkan rem dengan cara menginjak pedal rem sedikit diiringi pedal gas bersamaan.


Jika Anda ingin merasa aman dan nyaman saat berkendara, rental mobil/ sewa mobil dapat menjadi satu solusi yang terbaik. Hal ini juga bisa menjadi jalan keluar untuk sewa mobil kantor atau sewa mobil perusahaan Anda. Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan jika menyewa mobil bagi perusahaan, maka menyewa adalah pilihan yang lebih menguntungkan dan efisien dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi. Harga sewa mobil saat ini sudah semakin kompetitif dan bersahabat membuat perusahaan akan lebih efisien dalam mengeluarkan anggaran untuk memenuhi kebutuhan transportasi. Selain itu, penggunaan mobil yang setiap hari di musim penghujan memerlukan perawatan ekstra, hal ini dapat menjadi pertimbangan utama karena biayanya pun cukup besar untuk perawatan akankah baiknya biaya yang besar dapat digunakan untuk pengembangan perusahaan yang lain daripada hanya sekedar membeli mobil? Apalagi dengan menyewa mobil, perusahaan Anda akan sela

WhatsApp Business